Komitmen Kacabdin Nganjuk bersama Komite Sekolah dan Kepala Sekolah perkuat Peran Lembaga Pengawas dan Masyarakat terhadap Dana BOS, BOPP dan Dana Partispasi Masyarakat

Komitmen Kacabdin Nganjuk bersama Komite Sekolah dan Kepala Sekolah perkuat Peran Lembaga Pengawas dan Masyarakat terhadap Dana BOS, BOPP dan Dana Partispasi Masyarakat
Kacabdindik Nganjuk ,Ketua Komite dan Kepala Sekolah hadiri virtual Webinar Komnasdik Jawa Timur

Nganjuk. Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Komnas Pendidikan Nasional (Komnasdik) Provinsi Jawa Timur, Sabtu (1/5/2021) menggelar Webinar Pendidikan Nasional yang mengambil Tema Optimalisasi peran lembaga pengawas dan masyarakat dalam melakukan supervisi pengelolaan dana BOS, BPOPP dan Dana Partisipasi Masyarakat. Kegiatan dilaksanakan dengan mengundang Narasumber dari lembaga anti rasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dihadiri Wakil Ketua KPK Dr. Muhammad Gufron, Komisi X DPR RI Dr. Muhammad Nur Purnamasidi, Kepala Kejaksaan Tinggi Dr. Muhammad Dhofir, SH. M.H, Kapolda Jawa Timur Komjen Nico Afinta dan  Kepala Kemenag Jawa Timur  Ahmad Zayadi.

Peserta yang ikut berpartisipasi terdiri dair Insan yang peduli Dunia Pendidikan . Pelaksanaan webinar oleh Komnasdik jawa Timur  juga diikuti secara virtual dan dipantau oleh Komnasdik yang berada di wilayah Kabupaten Kota di jawa Timur. Salah satunya, di Kabupaten Nganjuk yang pelaksanaanya secara daring dengan zoom Meeting yang dikonsep secara koordinatif dan inisiatif oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Nganjuk.

BIGISSUE.ID
market.biz.id BIGISSUE.ID
20% Rp 125.000
Beli sekarang!

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Nganjuk , Drs. Edi Sukarno, M.Mpd saat ditemui Indonesiasatu.co.id. mengaku sengaja mengumpulkan Ketua Komite Sekolah dan Kepala Sekolah SMA Negeri - SMK Negeri se Kabupaten Nganjuk daripada mengikuti webinar secara terpisah. Selain mempermudah pembinaan , kegiatan ini juga untuk menguatkan Harmonisasi  sekaligus mempermudah koordinasi dan supervisi terhadap komitmen Lembaga di jajarannya terhadap optimalisasi pengelolaan Dana Bos, BOPP dan dana Partisipasi masyarakat . Kegiatan Webinar Komnasdik Jawa Timur bersama KPK dan jajaran Aparat Penegak Hukum Jawa Timur yang ada di Nganjuk ini bertempat di Aula SMKN 1 Nganjuk.

Disela acara, Edy Sukarno mengaku mengapresiasi program yang mengedukasi keluarga besar di dunia pendidikan sesuai dengan tema webinar komnasdik jawa timur. Dirinya menyadari masih minimnya pemahaman dan ke awaman dari masing-masing sekolah terhadap aturan atau definisi dan ketentuan Praktis yang berkaitan dengan dampak hukum dalam mengelola Dana dari Negara tersebut.

Lebih lanjut, Kacabdin Kabupaten Nganjuk menegaskan bahwa dana Bos bukan merupakan  Bantuan Operasional Siswa, namun Bantuan Operasional Sekolah sehingga BOS bukan satu-satunya sumber anggaran bagi sekolah. Bahkan dari kebutuhan standar minimum pembelanjaan sekolah dan  indeks kebutuhan tiap siswa belum cukup memenuhi Kebutuhan sekolah, meski Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga mengalokasikan BOPP untuk SMA dan SMK.

XPOS.CO.ID
market.biz.id XPOS.CO.ID
20% Rp 125.000
Beli sekarang!

“Kami berkomitmen menjamin warga nganjuk tidak ada yang tidak sekolah hanya karena faktor biaya yang penting adanya komunikasi. Peran Komite Sekolah memilki space yang kuat untuk merespon terhadap keluhan dan kritik masyarakat serta partisipasi masyarakat.Mari kita Kontrol secara bersama dan diharapkan sekolah perlu sosialisasi program dan kebijakan sekolah bersama masyarakat agar saling memahami dan cerdas bersama”pesannya.

Salah satu Komite Sekolah Yasmin , mengatakan bahwa dalam perannya Komite Sekolah sebagai wakil dari masyarakat diharapkan mampu menjembatani dan melakukan  komunikasi dengan baik pada wali murid agar informasi sekolah diterima secara baik dan benar.

Sigit Tri Tjahjono, S.Pd., M.Si.yang juga hadir di lokasi dan selaku Ketua MKKS SMA, SMK Se Kabupaten Nganjuk menyampaikan dirinya merasa kegiatan sperti ini sangat perlu diberikan kepada kami (Kepala sekolah) untuk menambah wawasan dan menyamakan persepsi dan melihat perkembangan aturan dan regulasi yang dikeluarkan. Dirinya berharap selanjutnya secara periodik bisa dilaksanakan kembali , kihususnya menjelang Tahun Ajaran baru untuk menghindari permasalahan dan kesalahpahaman dengan masyarakat.

Ditempat terpisah, Ketua Komnasdik Kabupaten Nganjuk, Sudjito mengaku bersyukur Alhamdulillah  acara webinar pengelolaan dana bos, BPOP, dan dana partisipasi dari masyarakat  dapat berjalan dengan lancar, jumlah peserta juga sesuai target. dirinya selaku koordinator Komisi nasional pendidikan Kab Nganjuk, mengapresiasi langkah yg di tempuh oleh Kacabdin Nganjuk, agar pesan dan komitmen tentang acara tersebut dapat optimal diterima jajaranya.paska webinar ini dirinya meminta Kepala Sekolah dan Komite Sekolah bisa mengerti, memahami sehingga tidak ada lagi kegaduhan dalam pengelolaan dana-dana tersebut, . Jika itu betul betul di laksanakan maka pendidikan yang bermartabat di Jawa timur bisa tercapai.(ansy)

Nasi Goreng Spesial
market.biz.id Nasi Goreng Spesial
44% Rp 2.500
Beli sekarang!

dindik nganjuk komnasdik nganjuk
Faizal Ansyori

Faizal Ansyori

Artikel Sebelumnya

Dindik jatim Dukung Komnasdik bersama Outclass...

Artikel Berikutnya

Dandim 0827 Sumenep Hadiri Apel Serpas Pam...

Berita terkait

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 54

Postingan Tahun ini: 2487

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 45

Postingan Tahun ini: 1922

Registered: May 25, 2021

Indra Gunawan

Indra Gunawan verified

Postingan Bulan ini: 18

Postingan Tahun ini: 684

Registered: Nov 15, 2021

Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed verified

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 750

Registered: Nov 23, 2021

Profle

Wahyudi Arief verified

HUT Bhayangkara Ke-76, Dandim 0735/Surakarta Berikan Kejutan Kepada Kapolresta Surakarta
Paripurna DPR RI, Hasnah Syam Sampaikan Pendapat Fraksi Nasdem
Dandim 1507/Saumlaki Komandan Upacara Pemberangkatan Satgas Pulau Terluar Koops XVI TA 2022
Pesan Kapolri ke Taruna-Taruni Akpol: Turun, Dengar dan Serap Aspirasi Masyarakat

Rekomendasi

Danrem 083/Bdj Menyambut Kunjungan Menhan RI dan Hadiri Kuliah Umum  di Universitas Brawijaya Malang
Sempat Tersisih, Mahasiswa FEB UNAIR Sabet Juara 3 Trading Competition Kontan
Pesan Kapolri ke Taruna-Taruni Akpol: Turun, Dengar dan Serap Aspirasi Masyarakat
Tiga Pilar Kec. Gunung Anyar Siaga Di Posko  PMK Jln. Dr. Ir. Sukarno Gunung Anyar.
Dies Natalis 65 FH UB, Hadirkan Penguatan Pendidikan Hukum demi Peningkatan Profesionalisme 

Ikuti Kami