Komitmen Kacabdin Nganjuk bersama Komite Sekolah dan Kepala Sekolah perkuat Peran Lembaga Pengawas dan Masyarakat terhadap Dana BOS, BOPP dan Dana Partispasi Masyarakat

Komitmen Kacabdin Nganjuk bersama Komite Sekolah dan Kepala Sekolah perkuat Peran Lembaga Pengawas dan Masyarakat terhadap Dana BOS, BOPP dan Dana Partispasi Masyarakat
Kacabdindik Nganjuk ,Ketua Komite dan Kepala Sekolah hadiri virtual Webinar Komnasdik Jawa Timur

Nganjuk. Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Komnas Pendidikan Nasional (Komnasdik) Provinsi Jawa Timur, Sabtu (1/5/2021) menggelar Webinar Pendidikan Nasional yang mengambil Tema Optimalisasi peran lembaga pengawas dan masyarakat dalam melakukan supervisi pengelolaan dana BOS, BPOPP dan Dana Partisipasi Masyarakat. Kegiatan dilaksanakan dengan mengundang Narasumber dari lembaga anti rasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dihadiri Wakil Ketua KPK Dr. Muhammad Gufron, Komisi X DPR RI Dr. Muhammad Nur Purnamasidi, Kepala Kejaksaan Tinggi Dr. Muhammad Dhofir, SH. M.H, Kapolda Jawa Timur Komjen Nico Afinta dan  Kepala Kemenag Jawa Timur  Ahmad Zayadi.

Peserta yang ikut berpartisipasi terdiri dair Insan yang peduli Dunia Pendidikan . Pelaksanaan webinar oleh Komnasdik jawa Timur  juga diikuti secara virtual dan dipantau oleh Komnasdik yang berada di wilayah Kabupaten Kota di jawa Timur. Salah satunya, di Kabupaten Nganjuk yang pelaksanaanya secara daring dengan zoom Meeting yang dikonsep secara koordinatif dan inisiatif oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Nganjuk.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Nganjuk , Drs. Edi Sukarno, M.Mpd saat ditemui Indonesiasatu.co.id. mengaku sengaja mengumpulkan Ketua Komite Sekolah dan Kepala Sekolah SMA Negeri - SMK Negeri se Kabupaten Nganjuk daripada mengikuti webinar secara terpisah. Selain mempermudah pembinaan , kegiatan ini juga untuk menguatkan Harmonisasi  sekaligus mempermudah koordinasi dan supervisi terhadap komitmen Lembaga di jajarannya terhadap optimalisasi pengelolaan Dana Bos, BOPP dan dana Partisipasi masyarakat . Kegiatan Webinar Komnasdik Jawa Timur bersama KPK dan jajaran Aparat Penegak Hukum Jawa Timur yang ada di Nganjuk ini bertempat di Aula SMKN 1 Nganjuk.

Disela acara, Edy Sukarno mengaku mengapresiasi program yang mengedukasi keluarga besar di dunia pendidikan sesuai dengan tema webinar komnasdik jawa timur. Dirinya menyadari masih minimnya pemahaman dan ke awaman dari masing-masing sekolah terhadap aturan atau definisi dan ketentuan Praktis yang berkaitan dengan dampak hukum dalam mengelola Dana dari Negara tersebut.

Lebih lanjut, Kacabdin Kabupaten Nganjuk menegaskan bahwa dana Bos bukan merupakan  Bantuan Operasional Siswa, namun Bantuan Operasional Sekolah sehingga BOS bukan satu-satunya sumber anggaran bagi sekolah. Bahkan dari kebutuhan standar minimum pembelanjaan sekolah dan  indeks kebutuhan tiap siswa belum cukup memenuhi Kebutuhan sekolah, meski Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga mengalokasikan BOPP untuk SMA dan SMK.

“Kami berkomitmen menjamin warga nganjuk tidak ada yang tidak sekolah hanya karena faktor biaya yang penting adanya komunikasi. Peran Komite Sekolah memilki space yang kuat untuk merespon terhadap keluhan dan kritik masyarakat serta partisipasi masyarakat.Mari kita Kontrol secara bersama dan diharapkan sekolah perlu sosialisasi program dan kebijakan sekolah bersama masyarakat agar saling memahami dan cerdas bersama”pesannya.

Salah satu Komite Sekolah Yasmin , mengatakan bahwa dalam perannya Komite Sekolah sebagai wakil dari masyarakat diharapkan mampu menjembatani dan melakukan  komunikasi dengan baik pada wali murid agar informasi sekolah diterima secara baik dan benar.

Sigit Tri Tjahjono, S.Pd., M.Si.yang juga hadir di lokasi dan selaku Ketua MKKS SMA, SMK Se Kabupaten Nganjuk menyampaikan dirinya merasa kegiatan sperti ini sangat perlu diberikan kepada kami (Kepala sekolah) untuk menambah wawasan dan menyamakan persepsi dan melihat perkembangan aturan dan regulasi yang dikeluarkan. Dirinya berharap selanjutnya secara periodik bisa dilaksanakan kembali , kihususnya menjelang Tahun Ajaran baru untuk menghindari permasalahan dan kesalahpahaman dengan masyarakat.

Ditempat terpisah, Ketua Komnasdik Kabupaten Nganjuk, Sudjito mengaku bersyukur Alhamdulillah  acara webinar pengelolaan dana bos, BPOP, dan dana partisipasi dari masyarakat  dapat berjalan dengan lancar, jumlah peserta juga sesuai target. dirinya selaku koordinator Komisi nasional pendidikan Kab Nganjuk, mengapresiasi langkah yg di tempuh oleh Kacabdin Nganjuk, agar pesan dan komitmen tentang acara tersebut dapat optimal diterima jajaranya.paska webinar ini dirinya meminta Kepala Sekolah dan Komite Sekolah bisa mengerti, memahami sehingga tidak ada lagi kegaduhan dalam pengelolaan dana-dana tersebut, . Jika itu betul betul di laksanakan maka pendidikan yang bermartabat di Jawa timur bisa tercapai.(ansy)

komnasdik nganjuk dindik nganjuk
Faizal Ansyori

Faizal Ansyori

Previous Article

Dindik jatim Dukung Komnasdik bersama Outclass...

Related Posts

Peringkat

Profle

Suhardi

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 32

Postingan Tahun ini: 110

Registered: Apr 13, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 32

Postingan Tahun ini: 141

Registered: Apr 15, 2021

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 30

Postingan Tahun ini: 98

Registered: Apr 15, 2021

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Postingan Bulan ini: 20

Postingan Tahun ini: 77

Registered: Apr 13, 2021

Profle

Yulistar

44 Warga Binaan dan 9 Pegawai Terkonfirmasi Positif Covid-19, Rutan Batusangkar di Lockdown
Lonjakan Angka Kematian Harian Covid-19 di Bengkalis Pecah Rekor Tertinggi Se Riau
Aktivis Sebut Oknum Anggota DPR RI Diduga Ikut Rampok Program BPNT, Polisi Tutup Mata
Gubernur Sumbar Mahyeldi:Berbaur dengan Petani Ikut Panen Cabai di Agam

Follow Us

Recommended Posts

Kodim 0824/Jember Serahkan Dana Kedukaan Kepada Warakawuri
Ketua Persit KCK Cabang 38 Kodim 0824/Jember Blusukan Beri Bantuan Warga Kurang Mampu
Forkopimda Jember Cek Mall, Terkait Penerapan Protokol Kesehatan Covid 19 Terhadap Pengunjung
Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan, Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember Tindak 63 Pelanggar
Bersama Baznas, Dandim 0824/Jember Serahkan Zakat Anggota Kepada Masyarakat Penerima